Jumat, 30 Maret 2012

Obat Batuk Alami Anak Usia 3 Bulan bawangmerah Penurun panas, batuk, dan pilek

Obat tradisional banyak memberi manfaat bagi manusia, selain proses-nya secara alami memperkuat imun tubuh, juga dapat diperoleh dengan mudan dan murah. Berikut salah satu cara merekan batuk dan pilek secara alami :
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.
Pada orang dewasa dapat gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada di badan. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.
Penggunaan antibiotik sebaiknya dihindarkan karena berpotensi membunuh dan melemahkan imun tubuh. Selain itu pilek juga dapat disebabkan oleh alergi, kenali alergan dengan baik, dan tingkatkan daya tahan tubuh juga dengan makan makanan yang sehat serta olah raga secara teratur.
Menggunakan sambiloto juga cukup efektif untuk meredakan pilek menahun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar